Cara Memasak Keong Sawah Agar Tidak Amis

Cara Memasak Keong Sawah Agar Tidak Amis – Mungkin bagi yang belum tahu, bekicot sawah merupakan hewan yang tidak berguna dan menjadi musuh utama para petani. Namun bagi warga Bogor, bekicot sawah merupakan sajian kuliner yang enak dan bergizi.

Mengutip Perhimpunan Ahli Gizi Indonesia dalam buku Tabel Komposisi Pangan Indonesia, bekicot mengandung 12 gram protein, 1 gram lemak, 64 kkal energi, 81 gram air, 2 gram karbohidrat, dan 217 miligram kalsium. Semua nilai gizi ini terdapat dalam 100 gram bekicot.

Cara Memasak Keong Sawah Agar Tidak Amis

Masyarakat awam mengolah bekicot ini dengan berbagai cara, misalnya ditumis, digoreng, atau direbus. Ada yang mengolahnya langsung dengan cangkangnya atau melepas cangkangnya terlebih dahulu. Tekstur dagingnya yang kenyal dan rasanya yang manis menjadi daya tarik utama bekicot sawah.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tutut Atau Keong Sawah?

Menurut berbagai sumber, bekicot sawah perlu dicuci beberapa kali dengan air untuk menghilangkan bau lumpur. Kemudian, rendam selama beberapa menit.

Cara memasak nasi keong sawah yang paling umum adalah dengan menumis menggunakan bumbu seperti bawang putih yang dihaluskan, bawang merah, kucai, kunyit, jahe, merica dan garam.

Tapi, mengutip CNNIndonesia, sebelum makan atau memasak nasi bekicot, pastikan bekicot tersebut tidak beracun. Pada umumnya keong tidak berbisa adalah keong yang memiliki cangkang berwarna hijau muda hingga kehitaman. Keong sawah jenis ini sering disebut tutut dan aman untuk dikonsumsi.

Jadi kalau nanti ke Bogor lihat sajian nasi padang, coba deh, enak, hehe. Tutu seperti ini sering kita jumpai saat bulan ramadhan tiba, saat bulan puasa banyak sekali pedagang yang menyediakan tutu ini untuk anda. Banyak yang menyukainya karena rasanya yang enak dan kuahnya yang pedas. Tutu ini bisa kita temukan di sawah petani atau kita juga bisa membelinya dari pengepul di pasar.

Kebab Daging Keong Sawah

Cara mengolah tutu ini juga tidak mudah, kita harus benar-benar mengolahnya dengan baik. Kita perlu memotong ujung cangkang yang berbentuk kerucut. Dan Anda harus mencucinya hingga bersih lalu merebusnya hingga slime di dalamnya hilang.

See also  Slot Demo Idn Play

Kita membutuhkan beberapa bahan untuk bumbunya agar kuahnya memiliki rasa yang enak dan mantap. Namun untuk memasak, bahan utamanya adalah kunyit yang berfungsi untuk menghilangkan bau amis. Disini saya akan membagikan resep bahan dan cara memasak tutu ini yang akan membuat anda menikmatinya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Bersihkan penutup dengan membuat lubang di ujung cangkang. Setelah selesai, bilas tutus dengan air sampai bersih. Lakukan hingga 2-3 pembilasan.

Lalu kita siapkan bahan untuk bumbunya. Haluskan kunyit, bawang merah, bawang putih, garam dan cabai. Kupas juga jahe, lengkuas, serai, daun salam, jeruk nipis dan tomat.

Gerbang Matahari Arundina: Pedasnya Tutut Rendang

Kemudian pindahkan kura-kura ke dalam wajan. Masukkan bumbu halus, tomat potong dadu, salami, serai, lengkuas, daun jeruk, jahe, bumbu halus dan gula merah sesuai selera. Jangan menambahkan terlalu banyak atau terlalu sedikit air. Setelah itu aduk rata dan masak tutu hingga mendidih dan matang. Koreksi rasa. Tutut siap disajikan Kerang merupakan salah satu menu favorit di Pekalongan. Persiapannya bervariasi dan cukup modern. Misalnya keong gemmes yang dicampur dengan jamur, jagung dan sayuran.

Hingga saat ini bekicot sawah banyak dijajakan saat Ramadan bahkan menjadi menu takjil favorit. Kini menikmati olahan bekicot sawah tidak harus menunggu bulan puasa. Kerang menjadi menu utama di rumah makan di kota Pekalongan ini.

Cangkang padi atau Pilla ampulacea dalam bahasa latin adalah sejenis siput yang hidup di air tawar. Meski sering dianggap hama oleh petani, bekicot sawah kaya akan nutrisi dan protein jika diolah dengan benar. Daging bekicot yang tidak berkulit tergolong kaya akan kalsium dan rendah kolesterol, sehingga aman untuk dikonsumsi dan baik untuk kesehatan.

Marlin (52), warga Seton, Pekalongan Timur, Kotapraja Pekalongan, memiliki ide menjadikan nasi keong sebagai menu utama di rumah makan miliknya. Sudah dua tahun ia mendirikan Warung Busan dan mengolah kerang menjadi berbagai menu, mulai dari kari kerang, kerang permata hingga masakan tradisional lainnya yaitu botok.

Resep Kuliner Minahasa

“Sudah dua tahun saya berjualan. Awalnya karena saya suka bekicot. Makanya saya mulai berpikir bagaimana kalau bekicot jadi menu utama di warung ini,” kata Marlin.

See also  Gimana Cara Live Di Tiktok

Cara pengelolaannya pun menjadi kuliner modern, enak dipandang dan enak karena aromanya. “Skosh saya buat campuran. Intinya saya ingin mengolah bekicot menjadi makanan yang lebih enak,” kata Marlin.

Ada beberapa menu nasi bekicot diantaranya permainan kerang, gulai, kerang botok dan menu lainnya seperti pindang tetel dan sop balungan. Item menu favorit di sini adalah kerang permata. Isi cangkang permata adalah bekicot, jamur, cimpring, jagung, dan sayur-sayuran,” ujarnya.

Menurut Marlin, menu bekicot lucu ini sangat digemari ibu-ibu dan anak kecil. Marlin mengkonsumsi 15-20 kg bekicot per hari. Untuk pengolahannya, bekicot direbus sebanyak tiga kali. Hal ini agar dagingnya bersih, empuk dan tidak amis.

Hama Keong Emas

Aneka olahan bekicot dijual dengan harga termurah Rp. 10.000 dan yang termahal Rp. 25.000. Triani, 40 tahun, salah satu pelanggan warung kerang ini mengaku tidak pernah bosan mengunjungi warung marlin dengan aneka masakan olahan kerang.

“Umumnya batoknya dimasak dari kelapa muda. Pakai bumbu gulai ditambah sambal, wah seger, pedas asamnya,” ujarnya.

Namun, makanan favoritnya adalah kari kerang. “Di sini ada bekicot, dagingnya enak, tidak amis, bumbunya enak dan dagingnya empuk,” ujarnya.

Edi Mustofa (38) mengatakan hal senada. Menurut Eddie, masakan kerang mudah didapat saat Ramadan. Tapi selama setahun terakhir, dia menjadi pengunjung tetap di toko bekicot milik Marlin. “Olahannya banyak sekali. Aromanya menggoda, pas dimakan pasti tergiur. Dan harganya terjangkau,” ujarnya.

Resep Tutut Sawah Kuah Santan Unik Dan Nikmat

Nah, bagi anda penikmat kuliner yang kebetulan berada di kota Pekalongan, tidak salah untuk mampir dan mencoba menu khas berbahan dasar bekicot sawah. Lokasi Busan Keong Warung berada di dekat jalur Pantura, lebih tepatnya di belakang Asrama Mako Brimob Pekalongan.Brilio.net – Mungkin sebagian dari kalian menganggap bekicot bukan makanan asli. Namun bagi sebagian orang lain, bekicot merupakan makanan yang enak. Salah satunya adalah bekicot sawah.

Keong sawah atau Pila ampullaceal merupakan jenis keong air tawar yang mudah ditemukan di aliran sungai, persawahan, sungai dan danau. Bekicot yang juga dikenal dengan sebutan tutut ini biasa dikonsumsi sebagai pengganti protein hewani dari daging. Bahkan sebagian orang mempercayai bahwa bekicot memiliki khasiat tersendiri.

See also  Demo Slot Temujin Treasures

Concha juga bisa diolah menjadi berbagai resep masakan yang enak. Berikut resep olahan bekicot yang bisa Anda coba di rumah, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (30/7).

1. Ulek bawang merah, bawang putih, cabai dan merica hingga halus. Tumis dengan serai sampai harum dengan api sedang

Kuliner Kraca Khas Banyumas Yang Mudah Dibuat Di Rumah

500 g bekicot tanpa cangkang, buang kotorannya, cuci bersih lalu rebus bersama daun salam dan jahe sampai empuk, tiriskan

3. Masukkan air, cabai rawit dan bekicot, aduk sebentar. Bumbui dengan garam, rempah-rempah, kecap, dan merica. Biarkan hingga bumbu meresap dan kuah mengering. Koreksi rasa. Matikan api, sajikan selagi hangat.

2. Tambahkan pastry, didihkan sedikit, tambahkan 200 ml air untuk merebus cangkang hingga lunak.

1. Panaskan minyak, tumis daun salam, jeruk nipis dan serai, lalu masukkan bumbu instan untuk rujak ayam, aduk rata

Metro Banjar Edisi Cetak Sabtu, 21 Juli 2012 By Harian Metro Banjar

3. Lalu masukkan bekicot ke dalam sawah, aduk rata, tutup panci agar cepat masak. Masak hingga bekicot empuk dan masak hingga kuah mengental

1. Rebus dulu bekicot dalam 500 ml air mendidih. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, temu kunci, garam, gula pasir dan micin kurang lebih 15-20 menit sampai bekicot empuk. Mengeringkan

3. Masukkan sayur dan bekicot sebanyak-banyaknya ke dalam cobek yang sudah berisi sambal pecel. Aduk rata hingga semua bumbu pecel tercampur

Cara memasak paru agar tidak amis, cara memelihara keong sawah, cara memasak keong sawah, cara budidaya keong sawah, cara memasak ikan kutuk agar tidak amis, cara ternak keong sawah, cara membasmi keong sawah, cara memasak rendang bebek agar tidak amis, cara memasak usus ayam agar tidak amis, cara basmi keong sawah, cara memasak cumi agar tidak amis, cara memasak hati ayam untuk mpasi agar tidak amis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *