Cara Mengatasi Luka Bakar Kena Knalpot – Cara Benar Mengobati Luka Bakar Sendiri Dipublikasikan: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbarui: 12 Oktober 2020 Rating: 13 Juni 2019 Waktu Baca: 5 menit

Apa yang kamu lakukan ketika mengalami luka bakar? Kebanyakan orang mengolesinya dengan pasta gigi, tapi apakah langkah ini benar? Menentukan cara mengobati luka bakar tidak boleh dianggap enteng. Jika langkah pertama ini dilakukan dengan benar, kemungkinan sembuhnya lebih baik.

Cara Mengatasi Luka Bakar Kena Knalpot

Agar upaya penanganan luka bakar menjadi efektif, pemahaman kita tentang kondisi ini harus benar. Secara medis, luka bakar dikenal dengan istilah combustio, yaitu luka atau kerusakan pada tubuh yang disebabkan oleh suhu atau panas yang tinggi.

Luka Bakar Terbagi 3 Tingkat, Kenali Jenis Dan Pertolongannya, Yuk!

Jadi luka bakar bisa terjadi kapan saja karena penyebabnya tidak selalu langsung dari api yang membakar. Luka bakar dapat terjadi bila kulit tersentuh panci panas, terciprat atau tersiram air panas, atau terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Kejutan listrik juga termasuk dalam kategori ini.

Luka bakar sendiri memiliki tingkatan. Tingkat pertama dianggap paling ringan karena hanya mempengaruhi permukaan luar kulit. Jenis luka bakar ini biasanya menyebabkan nyeri, kemerahan, dan bengkak. Berbeda dengan luka bakar derajat 2 yang mengenai lapisan kulit yang lebih dalam. Hal ini biasanya memicu munculnya lepuhan (seperti pada gambar di awal).

Berikutnya adalah luka bakar derajat 3 yang merusak seluruh lapisan kulit, gejalanya berupa warna kulit putih mengkilap seperti lilin, kulit terbakar dan tekstur kulit tidak rata. Lebih parahnya lagi, grade 4 mengalami kerusakan pada persendian dan tulang.

Mengetahui derajatnya sangat penting karena menentukan penanganan atau perawatan luka bakar yang tepat. Misalnya, seseorang dengan luka bakar derajat 3 dan 4 harus segera dibawa ke ruang gawat darurat. Mereka yang menderita luka bakar derajat 1 dan 2 dengan kedalaman luka kurang dari 3 inci (sekitar 7,5 cm) dapat merawatnya di rumah.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot Alami Dan Cepa1

Untuk itu, kita pelajari cara mengobati luka bakar di rumah dan zat apa saja yang harus dihindari.

Luka bakar ringan biasanya memerlukan waktu sekitar 1-2 minggu untuk sembuh total dan biasanya tidak menimbulkan jaringan parut. Tujuan pengobatan yang disebutkan di bawah ini adalah untuk mengurangi rasa sakit, mencegah infeksi dan menyembuhkan kulit lebih cepat.

Untuk luka bakar ringan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengalirkan air dingin (bukan air es) ke area tersebut selama 20 menit. Kemudian bersihkan area kulit yang terbakar dengan sabun bayi dan air.

Kompres dingin atau kain basah yang ditempelkan di atas luka bakar juga dapat meredakan nyeri dan bengkak. Gunakan kompres setiap 5-15 menit, karena penggunaan yang berlebihan dapat memperburuk iritasi.

See also  Cara Merebus Kepiting Yang Benar

Journey To A Happier Healthier Me: Bebas Beraktifitas Di Rumah Tanpa Resiko Luka Bakar Bersama Mebo Mederma

Mengoleskan salep atau krim antibiotik pada kulit yang rusak dapat mencegah infeksi lebih lanjut. Setelah aplikasi, tutupi kulit dengan kasa steril.

Dalam pengobatan luka bakar, lidah buaya sebenarnya adalah salah satu juaranya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya efektif menyembuhkan luka bakar tingkat 1 dan 2. Selain itu, lidah buaya juga bersifat antiradang, dapat merangsang peredaran darah dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Yang harus Anda lakukan adalah menutupi kulit Anda dengan gel lidah buaya murni, baik langsung dari daunnya atau dari produk yang dibeli di toko. Jika produk siap pakai adalah pilihan Anda, pastikan kandungan lidah buaya tinggi dan produk tersebut tidak mengandung bahan tambahan, terutama pewarna dan pewangi.

Seperti lidah buaya, Anda juga bisa mengoleskan madu ke kulit yang mengalami luka bakar ringan untuk menyembuhkannya. Selain antiradang, madu juga mengandung zat antibakteri dan antijamur.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Melepuh, Pakai Bahan Alami

Cara mengobati luka bakar selanjutnya adalah secara alami dengan menghindari sinar matahari langsung. Sekalipun aktivitas Anda mengharuskan Anda berada di luar dalam waktu lama, sering-seringlah mencari perlindungan. Pasalnya, kulit yang terkena luka bakar biasanya sensitif terhadap sinar matahari. Kemudian tutupi bagian itu dengan pakaian atau yang lainnya.

Anda mungkin tergoda untuk memencet atau mengeluarkan lepuh yang terbakar, tetapi jangan lakukan itu. Jika lepuh pecah sebelum waktunya, bisa memicu infeksi. Jadi tunggu beberapa hari atau biarkan larut dengan sendirinya. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengkhawatirkannya.

Jika luka bakar menyebabkan nyeri, minum obat pereda nyeri yang dijual bebas atau obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen atau naproxen. Pastikan Anda menggunakan dosis yang dianjurkan dan hanya menggunakannya sesuai kebutuhan.

Selain pengobatan luka bakar, ada cara pengobatan luka bakar lain yang diandalkan banyak orang. Namun sayangnya, cara ini tidak efektif dan malah bisa memperburuk kondisi. Apakah mereka?

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Jangan pernah mengoleskan mentega pada luka bakar. Selain belum terbukti efektif secara ilmiah, mentega justru bisa memperparah luka. Sifat mentega yang mengunci panas dapat memberi makan bakteri berbahaya yang menyebabkan infeksi.

Memang benar minyak kelapa memiliki 1001 manfaat baik untuk tubuh, namun hal ini tidak berlaku untuk luka bakar. Alasannya sama dengan mentega, minyak kelapa, dan minyak lainnya seperti minyak zaitun yang menahan panas sehingga bisa membuat kulit tetap terbakar.

Dan sementara minyak lavender diyakini membantu menyembuhkan luka bakar, hanya ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung hal ini. Misalnya, berbagai penelitian pada tikus tidak menunjukkan bahwa minyak lavender dapat mengobati luka bakar.

See also  Download Gta San Andreas Di Hp Android

Mitos lain tentang mengobati luka bakar adalah putih telur. Sayangnya, putih telur mentah tidak steril dan justru dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri, sehingga sebaiknya tidak dioleskan pada luka bakar. Selain itu, putih telur juga dapat menimbulkan reaksi alergi.

Obat Untuk Luka Kena Knalpot/obat Bekas Luka Bakar Knalpot/obat Luka Bakar Knalpot/obat Luka Agar Cepat Kering/obat Luka Melepuh Kena Air Panas/salep Ampuh

Jangan pernah mengoleskan pasta gigi pada luka bakar, meskipun banyak teman yang menyarankannya. Hal ini karena kandungan dalam pasta gigi dapat mengiritasi luka bakar sehingga lebih rentan terhadap infeksi. Pasta giginya juga tidak steril.

Es atau air yang sangat dingin dapat lebih mengiritasi luka bakar. Jangan pernah mengoleskan es batu langsung ke kulit, kulit normal tidak boleh terluka. Gunakan hanya air dingin untuk itu.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, luka bakar memiliki beberapa tingkatan yang dapat dibedakan berdasarkan ciri-cirinya. Walaupun luka bakar derajat satu dan dua dapat diobati di rumah, segera temui dokter jika luka bakar Anda terlihat seperti berikut ini:

Dengan menggunakan cara-cara pengobatan luka bakar di atas diharapkan proses penyembuhan akan berjalan lebih cepat tanpa komplikasi yang berarti.

Atasi Luka Bakar Ringan Dengan Salep Mebo Mederma

Para editor berkomitmen untuk memberikan informasi yang benar kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan dokter dan menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang proses pengiriman kami di sini.

Maenthaisong R, dkk. (2007). Khasiat lidah buaya digunakan untuk menyembuhkan luka bakar: Tinjauan sistematis. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17499928)

Lusby PE, dkk. (2006). Perbandingan penyembuhan luka setelah perawatan dengan madu Lavandula x allardii atau minyak esensial. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16807876)

Kattan AE, dkk. (2016). Pengetahuan terkini tentang praktik pertolongan pertama kebakaran dan pengobatan tradisional yang digunakan: Sebuah survei nasional. (https://burnstrauma.biomedcentral.com/articles/10.1186/s41038-016-0063-7)

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar, Tak Perlu Pakai Odol!

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan, bukan untuk diagnosis medis. menyarankan anda untuk tetap berobat langsung ke dokter yang ahli di bidangnya.

Konten ini ditulis atau diulas oleh para profesional medis dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Para editor berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terkini, dan bermanfaat. Anda dapat membaca seluruh proses pengiriman di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, silakan hubungi kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau melalui email di [email protected] Luka bakar dapat terjadi karena berbagai sebab, salah satunya adalah paparan asap knalpot kendaraan. Rasa sakit hampir pasti akan datang setelah beberapa saat. Anda harus menghilangkan pembakaran knalpot secepatnya atau itu hanya akan bertambah buruk.

Bahan Alami Untuk Menyamarkan Luka Bakar, Gunakan Yuk!

Perawatan medis bisa sangat membantu. Tetapi Anda juga perlu tahu cara memberikan pertolongan pertama. Dengan cara ini, risiko memburuknya luka bisa diminimalkan.

See also  Moisturizer Cocok Untuk Kulit Sensitif

Gejala yang paling umum dari luka bakar gas buang adalah munculnya ruam merah di kulit. Pada tingkat yang lebih serius, tidak jarang kulit melepuh. Anda dapat melakukan hal berikut segera setelah luka muncul.

Hal pertama yang harus dilakukan segera setelah munculnya luka bakar adalah mengalirkan air ke area kulit yang terkena. Gunakan air bersuhu normal, tidak panas atau dingin.

Jika memungkinkan, letakkan kulit di bawah selang atau alat penyiram. Biarkan air mengalir di atas luka selama 20 menit. Ini mengurangi efek rasa sakit yang terjadi. Bersihkan area luka dengan sabun atau antiseptik lalu bilas.

Penanganan Luka Bakar

Jika tidak ada air yang mengalir, Anda bisa memerasnya dengan kain lembab. Gunakan air bersuhu normal, tidak panas atau dingin. Lakukan ini selama 5-15 menit atau sampai rasa sakitnya hilang.

Cara ini juga bisa Anda lakukan meski sebelumnya Anda sudah menuangkan air pada kulit yang rusak. Kompresi dapat mencegah pembengkakan. Berhati-hatilah untuk tidak menekan luka saat meletakkan kain di permukaan kulit.

Yang tak kalah penting untuk mengobati luka bakar melarikan diri adalah menghindari paparan sinar matahari pada kulit. Kulit yang mengalami maag menjadi sangat sensitif terhadap panas karena selalu terjadi peradangan.

Jika luka terkena sinar matahari langsung, bukan tidak mungkin rasa sakitnya malah akan semakin perih. Jika harus berada di luar, tutupi dengan pakaian panjang atau kain.

Bepanthen Ointment 20 Gr

Obat topikal ini bekerja dengan cara mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat memicu infeksi lebih lanjut pada luka. Oleskan lapisan tipis pada kulit dan ulangi beberapa kali hingga kondisinya membaik.

Selain rasanya yang manis, madu juga ampuh menyembuhkan luka bakar akibat gas buang. Ini tidak terlepas dari sifat anti-inflamasinya. Bila kulit terbakar, berarti ada infeksi.

Selain mampu meredakan peradangan, madu juga berperan sebagai antibakteri. Artinya, kandungannya bisa mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa memperburuk keadaan.

Saat terjadi peradangan, bakteri sangat mungkin berkembang di area tersebut.

Jual Obat Luka Bakar, Obat Luka Bakar Melepuh, Obat Penghilang Luka Bakar, Obat Penghilang Bekas Luka Bakar, Obat Penghilang Bekas Luka Bakar Knalpot Kenalpot, Penghilang Bekas Luka Bakar Lama, Obat Oles Luka

Salep untuk luka bakar kena air panas, cara mengobati luka bakar kena knalpot motor, mengatasi luka bakar kena knalpot, mengobati luka bakar kena knalpot, cara menghilangkan bekas luka bakar kena knalpot, cara mengatasi luka bakar, cara mengobati luka bakar kena knalpot, cara merawat luka bakar kena knalpot, cara mengobati luka kena knalpot, luka bakar kena knalpot, salep luka bakar kena knalpot, cara menghilangkan luka bakar kena knalpot

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *