Cara Merebus Jengkol Biar Gak Bau – Jengkol jika diolah dengan benar bisa menjadi makanan yang enak dan gurih. Masalahnya, terkadang rasa pahit jengkol bisa sangat merusak kelezatannya. Apalagi jika teksturnya masih keras, tentu akan kurang enak untuk dimakan.

Agar Jengkol tetap lembut dan tidak pahit, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, ladies. Mulai dari cara memasak hingga bahan yang bisa digunakan untuk membuat jengkol lebih lembut dan tidak pahit. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari ikuti penjelasannya di bawah ini.

Cara Merebus Jengkol Biar Gak Bau

Untuk menghilangkan baunya, jengkol bisa direndam dalam air dingin atau air es semalaman. Anda juga bisa membasahi putih telur dengan air atau susu. Cara ini konon bisa menghilangkan bau tak sedap jengkol dan menetralkan rasanya.

Resep Jengkol Balado Plus Tips Agar Hasilnya Enak, Empuk Dan Wangi

Selaput jengkol harus diangkat dan dibersihkan secara menyeluruh. Masalahnya, kulit jengkol sedikit saja tidak bersih akan mempengaruhi rasa jengkol dan akan menjadi pahit saat diolah.

Masak jengkol, tambahkan daun jeruk sesuai selera. Daun jeruk purut yang dipotong dapat digunakan untuk membantu menetralisir bau jengkol.

Pilihan lain yang bisa Anda coba adalah merebus jengkol dengan daun jambu biji. Setelah masak, sisa air rebusan dan daun jambu biji bisa dibuang.

Untuk mengurangi bau jengkol yang menyengat, bisa direbus dengan penambahan daun salam. Dengan cara ini Anda bisa mengurangi rasa pahit dan mengurangi bau jengkol yang menyengat. Tujuannya agar bumbu nanti cepat meresap dan hasil olahan jengkol bisa terasa lebih enak.

Coba Malam Ini, Rebus Jengkol Dengan Daun Jambu Lalu Diamkan Semalaman, Jangan Heran Kalau Saat Digoreng Besok Hasilnya Bisa Begini

Seberapa mudah itu? Sekarang Anda tidak perlu malu lagi untuk menangani jengkol. Semoga informasinya bisa bermanfaat sobat 11 tips mudah memasak jengkol tanpa bau dan rasa pahit serta dapatkan hasil masakan jengkol yang empuk, enak dan harum bumbunya. /dapur barok/

Yuk simak 13 tips mudah membuat jengkol tanpa bau, tidak pahit, empuk dan enak, ini hasil rangkumannya.

Rendam jengkol semalaman. Jika masih tercium aroma yang menyengat, Anda bisa merebus jeng arang kembali selama 20-30 menit dengan air putih.

Baca Juga: 3 Olahan Mangga Yang Lezat, No. 3 Bahan-bahan ada di dapur kita, praktikkan Ya, mak

Tak Sengaja Merebus Jengkol Dengan Abu Gosok, Ibu Rumah Tangga Terkaget Kaget Saat Buka Tutup Panci

Cara ini hampir sama dengan menggunakan daun jeruk. Pertama, rebus air hingga mendidih. Kemudian baru masukkan daun salam dan jengkol secara bersamaan.

Daun lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dan rasa pahit pada jengkol adalah daun jambu biji.

Baca Juga: Rekap Ikatan Cinta Rabu 23 Juni 2021 Bu Sarah Khawatir Kondisi Elsa, Randy Ditahan Anak buah Ricky

See also  Cara Memperbaiki Ginjal Yg Rusak

Jika Anda belum pernah membuat jengkol, sebaiknya jangan berpikir lama untuk membuatnya. Semoga bau dan rasa pahitnya hilang. Karena cara ini salah!

Resep Jengkol Balado Pedas Enak Dan Cara Membuatnya

Masa ini juga bisa membuat tekstur jengkol menjadi lembut. Jika terlalu lama, jengkol akan keras.

Aroma khas jahe sangat efektif menutupi bau jengkol yang kuat dan melengkapi rasanya, membuatnya semakin nikmat dan nikmat.

Nah, itulah 11 tips sederhana agar jengkol Anda tidak berbau, menggigit, dan berujung pada masakan jengkol yang empuk, beraroma, dan harum bumbu.

TANGGAL dan cara mengikuti 26 parade tarian naga dan barongsai di Pontianak untuk Festival Cap Go Meh 2023

Jengkol Bumbu Kacang Pedas Manis

Rencana Wisata SIMAK Barongsai di Bandung City Mall, Jawa Barat untuk Tahun Baru Imlek 2023 dan Cap Go Meh

Prediksi Skor Persebaya vs Bhayangkara FC Liga 1 BRI, lengkap dengan statistik dan highlight tim

Prediksi skor Pays de Cassel vs PSG Coupe de France, lengkap dengan lineup

Hari ini Kamis tanggal 26 Januari 2023 penanggalan Jawa berapa? Ini Veton Kamis Pahinga, pahlawan Neptu dan Vuku

Jengkol Balado Empuk Legit Tidak Bau

Ini FTV. Semoga harimu terus mencintai SCTV. Lihat jadwal lengkap yang diperbarui untuk hari itu pada 25 Januari 2023.

Bukan pesaing Cruiser Benelli Patagonian 250 EFI 2023, motor mewah mirip Harley ini hanya dibanderol Rp 50 jutaan. Brilio.net – Jengkol masih menjadi makanan favorit banyak orang meski memiliki aroma yang menyengat. Bahan makanan yang satu ini dikenal memiliki rasa yang sangat nikmat jika diolah dengan benar. Ada banyak olahan jengkol yang memanjakan lidah seperti sambal jengkol, semur jengkol, jengkol balado, sambal hijau jengkol dan masih banyak lagi.

Jengkol dikenal tidak hanya enak tapi juga teksturnya sangat lembut. Bagi sebagian penggemar Jengkol, teksturnya yang lembut ini sering dianggap mirip daging. Sehingga menjadi lebih enak saat diolah dengan bumbu.

Tapi untuk membuat jengkol empuk sepertinya butuh waktu memasak yang lama. Hal ini dikarenakan jengkol mentah memiliki tekstur yang sangat keras sehingga perlu dimasak dalam waktu yang lama agar menjadi empuk. Proses pengelasan ini bisa memakan waktu hingga 30-60 menit.

Pedagang Pasar Belum Tentu Tahu, 3 Ciri Petai Dan Jengkol Yang Sudah Tua Ternyata Bisa Dilihat Bagian Ini, Jangan Keliru Lagi

Tentunya dengan waktu memasak yang begitu lama, kompor gas yang digunakan juga akan cepat habis. Kalau kamu bisa mempersingkat proses memasak jengkol ini, kamu pasti tahu. Ada beberapa trik memasak jengkol yang bisa digunakan untuk menghemat gas dan membuat jengkol cepat empuk.

Salah satu pengguna YouTube Keluarga Wanva membagikan trik ini. Dalam salah satu unggahannya, ia menggunakan cara memasak jengkol hanya dalam waktu 12 menit. Meski pendek, hasil jengkol yang dimasak bisa hambar.

See also  Cara Memasak Sarden Yang Enak Dan Tidak Amis

“Direbus 12 menit saja sudah bisa selembut ini. Jadi benar-benar hemat gas,” ujar pemilik akun YouTube Wanva Family itu.

Oleh karena itu Jengkol harus direndam semalaman sebelum dimasak. Proses ini akan membuat bau Jengkol sedikit berkurang. Selain itu, jengkol basah bisa pecah-pecah dan ukurannya sedikit membengkak sehingga lebih empuk saat dimasak nanti.

Resep Olahan Jengkol Berkuah, Empuk, Nikmat, Dan Menggugah Selera

Sekarang jengkol yang sudah direndam itu tinggal dimasukkan ke dalam panci berisi air. Dalam videonya, Vanva menambahkan bubuk kopi pahit dan beberapa bumbu seperti lengkuas, serai, daun jeruk, dan daun salam. Dengan menambahkan bahan-bahan tersebut, bau jengkol yang tidak sedap dapat dihilangkan, namun aroma jengkol menjadi lebih harum.

Wanva menggunakan metode 5-30-7 dalam proses memasaknya. Jadi rebus dulu jengkolnya sampai mendidih. Kemudian biarkan mendidih selama lima menit. Kemudian matikan api dan biarkan panci tertutup selama 30 menit.

Kemudian rebus lagi selama tujuh menit. Jika sudah, matikan api dan diamkan selama 23 menit. Panas sisa dari proses pengelasan dapat membantu pematangan batubara jeng. Jadi walaupun dibiarkan dengan kompor mati, arang jeng masih bisa lembek. Jadi total waktu memasak hanya 12 menit. Sangat irit gas bukan?

Nah, terakhir angkat dan tiriskan jengkol yang sudah matang. Untuk menghilangkan sisa sari dan kopi, cuci jengkol di bawah air mengalir. Jangan lupa kupas kulit jengkol sebelum siap diolah dengan bumbu lainnya.

Dibocorin Ibu Warteg Depan Rumah, Biar Jengkol Gak Bau Ternyata Mesti Di Rebus Pakai 1 Daun Ini, Rasanya Dijamin Nagih

Video tips memasak jengkol itu ternyata sudah ditonton lebih dari 1,3 juta kali. Tak heran banyak youtuber lain yang juga membanjiri kolom komentar. Diantaranya adalah netizen yang mengaku sukses menggunakan trik memasak jengkol.

“Begitu bikin, ternyata kuenya mudah dikupas.. Oke makasih. Nanti saya coba, dan setelah saya coba, saya bilang, “Agar tidak boros bensin, ini begitulah cara memasak jengkol agar cepat empuk dan tidak berbau, cukup tambahkan 1 sendok bahan di Dapur Ini

Baca juga: Pedagang pasar tidak selalu tahu, di bagian ini Anda bisa melihat 3 ciri petai dan jengkol tua, jangan bingung lagi

Baca Juga: Jadi Favorit Banyak Orang, Begini Cara Membuat Jengkol Tanpa Bau Menyengat, 1 Bahan Dapur Wajib Dimiliki

Trik Merebus Jengkol Agar Hemat Gas Dan Cepat Empuk, Cuma Butuh 12 Menit

Baca Juga: Beri Tahu Istri Sekarang, Jengkol Harus Dicelupkan ke Air Ini Sebelum Dimasak, 1000 Persen Seisi Rumah Langsung Ketagihan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 12 Cara Membuat Jengkol Empuk dan Tidak Bau, Rebus dengan Kopi

Baca Juga: Pemilik Warteg Berbagi Tips. Gencol tidak akan bau jika dimasak dengan 1 sendok bahan dari dapur ini, 100 persen sukses!

Rugi informasi, kalau belum tahu, rahasia awet gas Elpiji ternyata cuma bersihin bagian kompor yang ini, coba deh!

See also  Demo Slot Brothers Kingdom

Agar Lebih Nikmat, Ini 5 Cara Memasak Jengkol Yang Benar

Detail 4 Serbuk bahan dapur ini bisa jadi pengusir tikus alami, tidak perlu beli racun tikus lagi

Informasi tentang trik mencuci usus ayam agar bebas bau dan bersih dari kotoran, kamu bisa menggunakan 3 bahan ini

#cara mengatasi flek hitam yang membuat wajah kusam #cara mengatasi gigi berlubang #cara minum telur bebek sebelum berhubungan seks #cara menghilangkan uban #cara menghilangkan tikus dengan bahan alami #membelah #tips pembuatan singkong goreng #cara membersihkan emas baru yang menghitam #cara membersihkan kerak #Membersihkan botol Tupperware Meski bisa diolah menjadi berbagai masakan, ternyata jengkol tidak semudah yang dibayangkan . Pasalnya, memasak jengkol dengan cara yang salah menyebabkan baunya tetap menyengat dan rasanya pahit.

Jengkol adalah salah satu masakan paling populer di Indonesia. Ada banyak masakan jengkol yang enak seperti semur jengkol, rendang jengkol, jengkol balado, gulai jengkol dan jengkol campur. Sayangnya, ternyata membuat jengkol tidak semudah yang kita bayangkan.

Resep Sambal Jengkol Yang Pedas Gurihnya Bikin Nambah Nasi

Cara memasak jengkol yang tidak tepat akan menghasilkan bau yang menyengat dan rasa yang pahit. Padahal, cara memasak yang salah juga bisa membuat tekstur jengkol kurang empuk dan kurang enak dimakan. Lantas apa yang dibutuhkan agar jengkol terasa enak, lembut dan tidak berbau?

Kunci membuat jengkol yang enak adalah dengan memilih jengkol yang sudah tua. Jengkol tua memiliki beberapa ciri yang mudah dikenali, seperti daging buah jengkol yang berwarna kuning dan cenderung putih. Selain itu, jengkol tua memiliki tekstur yang kuat dan sulit dipatahkan.

Setelah mendapatkan jengkol tua, langkah selanjutnya adalah mengulitinya. Kupas kulit jengkol hingga benar-benar bersih agar tidak meninggalkan rasa pahit di lidah. Setelah dikupas, jangan lupa untuk mencuci jengkol di bawah air mengalir sebelum dimasak. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Jika jengkol dikupas dan dicuci, cara memasak jengkol dilanjutkan dengan merendam jengkol semalaman dalam air cucian beras. Mengutip Kompas.com, menurut Chef Leo Gendro, Master Chef dari Indonesian Culinary Association (ICA), merendam jengkol dalam air saat mencuci beras bisa menghilangkan bau jengkol, simak!

Begini Rahasia Masak Jengkol Agar Tak Berbau

Cara membuat agar jengkol

Cara merebus jengkol biar empuk dan tidak bau, cara merebus jengkol biar empuk dan ga bau, tips masak jengkol biar gak bau, masak jengkol biar gak bau, cara merebus jengkol biar ga bau, merebus jengkol biar tidak bau, cara merebus jengkol biar cepat empuk dan tidak bau, resep rebus jengkol biar gak bau, cara merebus jengkol biar tidak bau, cara merebus jengkol biar nggak bau, cara mengolah jengkol biar gak bau, cara masak jengkol biar gak bau

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *