Supaya Bibir Tidak Pecah Pecah – Penyebab bibir pecah-pecah dan pecah-pecah bukan hanya dehidrasi Tanggal Terbit: 22 Feb 2019 Terakhir Diperbarui: 12 Okt 2020 Ditinjau 13 Juni 2019 Waktu Baca: 5 Menit

Beberapa orang mungkin mengira bahwa penyebab bibir kering adalah karena kurangnya kelembapan atau dehidrasi. Tentunya banyak faktor lain yang juga menyebabkan bibir kering. Itu sebabnya beberapa orang masih mengalami masalah bibir kering bahkan setelah minum alkohol.

Supaya Bibir Tidak Pecah Pecah

Ya, tampilan bibir kering itu tidak nyata. Selain tidak nyaman, bibir kering dan pecah-pecah juga tidak sehat. Secantik apapun seseorang, jika bibirnya kering dapat merusak penampilannya. Untuk mengatasi masalah bibir kering, kita perlu mengetahui apa saja penyebab bibir kering.

Hindari Bibir Pecah Pecah Selama Puasa Dengan 5 Cara Ini

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dehidrasi merupakan salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan bibir tidak memiliki minyak seperti kulit sehingga bibir cepat kering.

Jika Anda kurang minum di siang hari atau dalam beberapa jam terakhir, hal itu juga bisa menyebabkan bibir kering. Anda mungkin juga memperhatikan gejala dehidrasi lainnya, seperti haus, urin keruh dan gelap, sakit kepala, dan kelelahan terus-menerus. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di sini: Tanda-tanda dehidrasi yang harus Anda waspadai

Selain itu, aktivitas seperti bermain ski atau berlayar yang membuat tubuh terpapar banyak udara dan sinar matahari dapat menyebabkan dehidrasi dengan cepat.

Minum air putih minimal 8-10 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi. Minum lebih banyak lagi jika Anda seorang atlet atau menderita diabetes. Minum lebih banyak air dari biasanya jika Anda terus-menerus muntah atau diare, atau banyak demam.

Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa Dengan Mudah

Banyak orang cenderung menjilat bibir saat merasa haus. Padahal tindakan membasahi bibir dan lidah bisa memperburuk kondisi. Pasalnya, air mengikat kelembapan bibir sehingga saat menguap, bibir lebih kering dari sebelumnya. Efek yang sama akan terjadi pada orang yang menggigit bibir.

Tak hanya kulit wajah dan tubuh yang harus diolesi tabir surya, tapi juga bibir. Saat membeli pemerah bibir baik dalam bentuk lipbalm, liptint, lipstik, lipgloss, atau yang lainnya, carilah yang mengandung SPF. Atau jika tidak, Anda bisa mengoleskan tabir surya pada bibir sebelum keluar rumah.

Anda juga harus melindungi bibir dari kelembapan sepanjang hari dengan menggunakan petroleum jelly atau beeswax. Lakukan setiap hari, terutama saat cuaca dingin karena suhu yang rendah cenderung menghidrasi bibir.

Orang dengan asma, pilek, atau kondisi pernapasan lainnya sering mengalami bibir kering. Ini karena tubuh cenderung bernafas melalui mulut. Sering bernafas melalui mulut bisa menjadi penyebab bibir kering karena udara yang sering dan cepat.

See also  Cara Merebus Tahu Untuk Diet

Jangan Menjilat Bibir Kering! Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Orang yang bernafas atau menderita penyakit pernafasan sering terbangun dengan bibir kering. Jadi jangan lupa untuk mengoleskan lip balm secara rutin termasuk sebelum tidur.

Banyak pasta gigi mengandung sodium lauryl sulfate (SLS), bahan yang dapat mengeringkan bibir Anda. Jika bibir kering tak kunjung hilang, coba cari tahu kandungan apa saja yang ada di dalam pasta gigi yang Anda gunakan setiap hari. Jika mengandung SLS, coba ganti dengan yang tidak mengandung bahan ini. Anda juga harus memeriksa produk bibir lainnya. Produk berbasis alkohol dapat menyebabkan bibir kering (karena dehidrasi).

Kandungan asam dalam buah jeruk dapat memperburuk bibir kering, seperti saus tomat. Efek serupa terjadi dengan cinnamic, bahan yang ditemukan di banyak permen, permen karet, dan pasta gigi.

Jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi vitamin A (lebih dari 25 ribu IU per hari), baik dalam bentuk makanan maupun suplemen, maka hal itu juga bisa membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Sindografis: Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Hal ini biasanya terjadi saat seseorang mengonsumsi vitamin A, sedangkan lebih sering terjadi saat seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

Sebaliknya, jika tubuh kekurangan vitamin B2 (riboflavin), B3 (niasin), B9 (asam folat), dan C juga bisa menyebabkan bibir kering. Seperti yang kita tahu, kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sakit maag dan bibir pecah-pecah. Baca juga: Cara menyembuhkan luka dengan cepat, efektif dan efisien

Jenis obat tertentu seperti Accutane untuk jerawat dan kerutan, propranolol untuk tekanan darah tinggi, atau proklorperazin untuk vertigo, juga dapat menimbulkan efek samping berupa bibir pecah-pecah.

Anda bisa menghilangkan bibir kering saat tidak minum obat ini. Selain itu, penuhi kebutuhan air dan vitamin yang banyak terdapat pada buah dan sayur.

Tips Anti Bibir Kering Dan Pecah Pecah Meski Pakai Lipstik Matte Seharian

Penyakit autoimun bisa membuat bibir sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, pasien harus menggunakan lip balm dengan SPF 15 (minimal). Beberapa masalah kesehatan lain yang dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah antara lain:

Ada banyak alergen yang bisa menyebabkan bibir kering, seperti alergi kobalt dan nikel. Jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi vitamin B12, bisa memicu alergi kobalt.

Menurut Audrey Kunin, seorang dokter kulit yang muncul di Dr. Oz (Amerika Serikat), bahan dalam lipstik atau pasta gigi juga bisa menjadi penyebab bibir kering. Jika pasta gigi mengandung guaiazulene, atau lipstik mengandung propyl gallate/phenyl salicylate (salol), bibir kering bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut benar-benar membuat Anda sakit.

See also  Cara Mengambil Uang Di Akun Paypal

Alergi terhadap makanan tertentu seperti buah ara atau susu juga bisa menjadi penyebab bibir kering. Tips mencegah dan mengatasi bibir kering

Cara Merawat Bibir Agar Tidak Kering Secara Alami

1. Jangan menjilat bibir Anda. Mencium bibir yang kering akan membuatnya hangat. Karena airnya cepat menguap, bibir akan lebih kering sebelum dijilat.

2. Jangan memakai pewangi bibir. Jika Anda menaruh parfum di bibir Anda, Anda akan mencoba untuk menjilatnya. Lip balm memiliki efek yang menyenangkan, tetapi hasilnya dapat menyebabkan kekeringan dan pecah-pecah yang tidak menyenangkan sama sekali.

3. Gunakan tabir surya. Jika Anda akan keluar di malam hari dan terpapar sinar matahari langsung, gunakan lip balm dengan tabir surya. Ini akan membantu mencegah bibir Anda mengering di bawah sinar matahari.

4. Tutupi bibir saat berada di udara dingin. Udara dingin dapat membuat bibir Anda kering. Menutupinya dengan syal saat Anda berada dalam cuaca yang sangat panas dapat membantu melindunginya.

Pilihan Lip Scrub Untuk Mengatasi Masalah Bibir Kering

5. Hindari alergen. Anda mungkin memiliki bibir sensitif yang akan mengering bahkan pecah-pecah saat terkena parfum, pewarna atau parfum. Jika demikian, simpan perhiasan di bibir Anda.

6. Tetap terhidrasi. Meski dehidrasi bukan satu-satunya penyebab bibir kering, Anda tetap membutuhkan banyak air. Pastikan Anda minum banyak air untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Seperti disebutkan di atas, penyakit tertentu dapat menyebabkan bibir kering, jadi konsultasikan dengan dokter jika bibir kering terus-menerus.

Tim Redaksi berusaha untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan penyedia layanan kesehatan dan menggunakan produk yang dapat diandalkan dari perusahaan penting. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Puasa Bikin Bibir Kering Dan Pecah Pecah, Begini 6 Cara Mengatasinya

Artikel ini hanya untuk informasi medis, bukan penelitian medis. Sarankan Anda untuk terus berkonsultasi dengan dokter spesialis di bidangnya.

Konten ini ditulis atau diulas oleh seorang profesional medis dan diverifikasi oleh setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Tim Editorial berusaha untuk menyediakan konten yang akurat, lengkap, berwawasan, inovatif, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial selengkapnya di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang cerita kami, Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] “Mungkin masih banyak orang yang belum memahami pentingnya menjaga kelembapan bibir. Dalam cuaca dingin, bibir mudah kering, pecah-pecah, dan rentan terhadap masalah kesehatan lainnya. Untuk menjaga kesehatan kulit bibir, dibutuhkan lip balm sebagai pengobatan dan pencegahan berbagai masalah.

See also  Game Slot Online Yg Mudah Menang

Mudah, Ini Tips Menyembuhkan Bibir Berdarah, Kering Dan Pecah Pecah!

Diperlukan untuk perawatan bibir. Apalagi di tengah perubahan iklim yang tidak bisa diprediksi. Karena tidak bisa dipungkiri, merawat kesehatan bibir sama pentingnya dengan bagian tubuh lainnya. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menyadari pentingnya menjaga kelembapan bibir.

Dikaitkan dengan produk wanita, namun tentunya pria juga harus menggunakan lip balm ini. Apalagi bagi pria yang sering beraktivitas di luar ruangan, berisiko terpapar bahaya sinar UV, atau berada di lingkungan dengan perubahan iklim yang ekstrim.

Saat cuaca dingin, bibir cenderung terasa kering. Seseorang menjilat bibirnya saat kering. Namun, cara ini malah membuat bibir kering dan bibir pecah-pecah. Alih-alih menjilat bibir Anda, gunakan lip balm. Karena dengan melembapkan bibir, kondisi bibir yang kering akan terkoreksi.

Bibir kering juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah. Tidak jarang kulit di bibir mengelupas karena kekeringan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan lip balm saat bibir Anda kering, sehingga bibir pecah-pecah dapat dihindari.

Cara Melawan Bibir Kering Dan Pecah Pecah

Sifat pelembab bibir dapat membantu menenangkan bibir pecah-pecah. Selain itu, membantu mengembalikan keseimbangan kelembapan bibir. Ini juga mengurangi munculnya garis-garis halus dan bibir kering. Jika Anda ingin bibir Anda lembut, maka penggunaan lip balm harus rutin dilakukan.

Perlu diingat, kulit di bibir lebih tipis dibandingkan kulit di wajah. Jadi, jika bibir Anda pecah-pecah dan kering, penggunaan lip balm dapat menjaga kelembapan bibir dengan baik. Dengan begitu, masalah kulit bibir (seperti bibir pecah-pecah yang berdarah) bisa cepat teratasi.

Pilih lip balm dengan perlindungan tambahan seperti SPF. Kandungan SPF pada lipbalm akan melindungi dari paparan sinar matahari yang juga merugikan kesehatan bibir.

Memilih pelembap juga membutuhkan ketelitian. Pastikan Anda memilih lipstik yang nyaman di kulit Anda. Berikut beberapa tips dalam memilih lipstik:

Kenali Penyebab Bibir Pecah Pecah Dan Cara Mengobatinya

Ikuti tips di atas untuk menjaga diri Anda tetap aman saat menggunakan lipstik. Jika Anda tidak dapat mengatasi masalah kesehatan bibir dengan menggunakan lip balm, maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Jika dokter Anda merekomendasikan resep atau produk tertentu, Anda dapat memeriksa kebutuhan kesehatan Anda dengan

Cara supaya bibir tidak pecah pecah, edit foto supaya tidak pecah, merebus telur supaya tidak pecah, aplikasi supaya foto tidak pecah, supaya bibir tidak hitam, rebus telur supaya tidak pecah, agar bibir tidak pecah, apk supaya foto tidak pecah, supaya kaki tidak pecah pecah, supaya bibir tidak kering, supaya adonan nastar tidak pecah, supaya bibir tidak kering dan pecah pecah

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *